Sabtu, 25 Februari 2012

Makam Kayu Lawang


Makam Kayu Lawang adalah makam Cokronegoro II yang terletak di bukit Kayu Lawang, Desa Mudal, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Luas bangunan 54 meter persegi, bagian depan makam merupakan halaman parkir. Akses jalan untuk menuju ke makam Cokronegoro II berupa jalan setapak yang sudah dipasangi paving. 

Bagian depan sebelah barat jalan setapak terdapat komplek makam kepatihan. Lokasinya dibatasi pagar tembok setengah dinding dengan pintu gerbang bagian selatan. Dibagian belakang komplek makam ada satu unit bangunan. Di dalam komplek makam tersebut terdapat sejumlah makam dengan nisan dari batu denga bentuk beraneka ragam. 

Di sebelah tenggara makam Cokronegoro II ada cungkup makam Penghulu Landrat Baedowi, almrhum adalah salah seorang tokoh yang menjadi Pendiri Masjid Agung atau Masjid Darul Muttaqin Kabupaten Purworejo. Disebelah timur makam Cokronegoro II ada makam para selir dan para Krandah Cokronegoro. Cokronegoro II adalah putra nomor dua dari Cokronegoro I. Tidak diketahui pasti kenapa makamnya terpisah dari makam ayahnya. Yang jelas, makam Kayu Lawang dibangun sebelum Cokronegoro II meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar